Sign up with your email address to be the first to know about new products, VIP offers, blog features & more.

Berapa Detak Jantung Ideal Anda?

Jantung  adalah sebuah rongga organ berotot yang berfungsi memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Darah menyuplai okisgen dan nutrisi pada tubuh, juga membantu menghilangkan sisa metabolisme. Istilah kardiak berarti berhubungan dengan jantung, dari kata Yunani cardia untuk jantung. Jantung adalah salah satu organ manusia yang berperan dalam sistem peredaran darah, letaknya berada di rongga dada agak sebelah kiri.

Detak jantung adalah berapa kali denyut jantung Anda per menit. Anda bisa mengukurnya saat istirahat (disebut “detak jantung istirahat”) dan saat berolahraga (disebut “detak jantung latihan”). Detak jantung Anda adalah salah satu indikator yang paling dapat diandalkan bahwa Anda mendorong diri Anda cukup keras saat berolahraga.

Jika Anda telah didiagnosis dengan kondisi jantung atau jika dokter Anda memberi tahu Anda bahwa Anda memiliki faktor risiko penyakit kardiovaskular, bicarakan dengan dokter sebelum mengukur denyut jantung Anda saat berolahraga. Mereka dapat memberi tahu Anda latihan mana yang aman dan sesuai untuk kondisi dan tingkat kebugaran Anda. Mereka juga akan menentukan target detak jantung target Anda dan jika Anda perlu dipantau selama aktivitas fisik.

Sangat membantu mengetahui beberapa hal mendasar sehingga Anda lebih tahu bila berbicara dengan dokter Anda. Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu diketahui tentang detak jantung Anda.

Cara Mengukur Jantung

Mengukur detak jantung Anda sesederhana memeriksa denyut nadi Anda. Anda bisa menemukan denyut nadi di pergelangan tangan, leher, atau dada Anda. Coba ukur denyut radial Anda, yang ada di bukumedis.com arteri pergelangan tangan Anda, tepat di bawah jempol Anda.

Untuk mengukur detak jantung Anda, tekan ujung jari telunjuk dan jari tengah Anda dengan perlahan di atas pergelangan tangan Anda. Pastikan tidak menggunakan ibu jari Anda, karena memiliki denyut nadi sendiri. Hitung ketukan yang Anda rasakan selama satu menit penuh. Anda juga bisa menghitung selama 30 detik dan mengalikan hitungan dengan dua, atau hitung selama 10 detik dan kalikan dengan enam.

Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan monitor denyut jantung, yang menentukan detak jantung Anda secara otomatis. Anda dapat memprogramnya untuk memberi tahu Anda saat Anda berada di atas atau di bawah rentang target Anda.

Mulailah dengan Resting Heart Rate

Anda harus menguji denyut jantung istirahat Anda sebelum mengukur detak jantung latihan Anda. Waktu terbaik untuk menguji denyut jantung istirahat Anda adalah hal pertama di pagi hari, sebelum Anda bangun dari tempat tidur, dan idealnya setelah tidur nyenyak.

Dengan menggunakan teknik yang dijelaskan di atas, tentukan detak jantung istirahat Anda dan catat nomor ini untuk dibagikan dengan dokter Anda. Anda mungkin mencoba memeriksa detak jantung istirahat Anda selama beberapa hari berturut-turut untuk memastikan bahwa pengukuran Anda akurat.

Menurut American Heart Association (AHA), rata-rata detak jantung istirahat adalah antara 60 dan 80 denyut per menit. Namun, jumlah ini meningkat seiring bertambahnya usia dan biasanya lebih rendah untuk orang dengan tingkat kebugaran lebih tinggi.

Rasio Jantung yang Ideal untuk Olahraga

Setelah Anda memahami pengukuran detak jantung, Anda bisa mulai menghitung dan memantau target Anda dengan menggunakan detak jantung. Jika Anda menggunakan metode pengukuran denyut jantung manual, Anda harus berhenti berolahraga sebentar untuk mengambil denyut nadi Anda. Jika Anda menggunakan monitor denyut jantung, Anda dapat melanjutkan latihan sambil mengawasi monitor Anda.

Dokter Anda dapat membantu menentukan detak jantung target terbaik untuk Anda, atau Anda dapat menggunakan panduan zona target umum untuk menentukan tingkat target Anda berdasarkan usia Anda. Menurut Centers for Disease Control and Prevention , latihan dengan intensitas sedang harus mendekati titik terendah dari rentang ini. Ujung yang lebih tinggi dari jangkauan harus disediakan hanya untuk latihan intensitas tinggi dan kuat.

  • 40-45 tahun: 88-153 denyut per menit
  • 50-55 tahun: 83 -145 denyut per menit
  • 60-65 tahun: 78 -136 denyut per menit
  • 70 tahun ke atas: 75 -128 denyut per menit

Perhatikan bahwa beberapa obat tekanan darah dapat menurunkan detak jantung maksimum Anda, yang mempengaruhi tingkat zona target Anda. Jika Anda meminum obat untuk kondisi jantung Anda, tanyakan kepada dokter Anda apakah Anda harus menggunakan tingkat zona target yang lebih rendah.

Menyesuaikan Tingkat Aktivitas Anda

Setelah menentukan denyut jantung ideal untuk berolahraga, penting untuk menggunakan informasi ini untuk membantu menjaga tingkat intensitas latihan Anda di periksa. Memperlambat laju dan tingkat usaha Anda jika detak jantung Anda selama aktivitas lebih tinggi daripada yang harus didasarkan pada instruksi dokter Anda dan pedoman di atas. Jika lebih rendah, bekerja lebih keras untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan manfaat dari latihan ini.

Mulai perlahan selama beberapa minggu pertama berolahraga, mengarah ke ujung bawah zona target Anda. Anda kemudian dapat membangun secara bertahap ke ujung yang lebih tinggi dari zona target Anda. Dengan sedikit latihan dan bimbingan dari tim layanan kesehatan Anda, Anda akan segera bisa memanfaatkan rutinitas latihan Anda dengan mengukur detak jantung ideal Anda.

No Comments Yet.

What do you think?

Your email address will not be published. Required fields are marked *