Sign up with your email address to be the first to know about new products, VIP offers, blog features & more.

Kebocoran Kebocoran pada Pipa PVC

Kebocoran Kebocoran pada Pipa PVC
Pipa PVC gasketed sangat populer saat ini di Amerika Utara untuk suplai air bawah tanah serta daya tampung limbah. Seperti halnya semua jaringan pipa, terlepas dari materi, pengujian pasca konstruksi biasanya diminta untuk memastikan semua jalur baru telah terpasang dengan benar.

distributor pipa hdpe surabaya

Satu tes yang biasa dilakukan untuk pipa gasketed seperti PVC adalah gabungan ‘leakage and pressure’ test. Tes ini dimaksudkan untuk memverifikasi baik kapasitas tekanan dan kekentalan bersama dari sistem pipa secara bersamaan.

Prosedur pengujian ini adalah untuk pertama mengisi bagian saluran dengan air. Selanjutnya, air tambahan dipompa ke dalam garis sampai bagian ditinggikan ke tekanan uji yang diinginkan. Sistem ini kemudian ditutup dan ditahan untuk periode uji tertentu, biasanya 2 jam.

Selama 2 jam ini, ada kemungkinan tekanan sistem bisa turun. Jika penurunan tekanan cepat selama pengujian, kemungkinan terjadi kebocoran yang signifikan pada sistem. Hal ini sering kali dikaitkan dengan perakitan layanan sambungan pipa atau sambungan layanan yang tidak semestinya.

Namun, dengan asumsi bahwa instalasi dan perakitan yang tepat dilakukan, kemungkinan penurunan tekanan sangat sedikit selama 2 jam. Untuk menetapkan batas penurunan tekanan yang diizinkan, tabel ‘Volume Kebocoran yang Diijinkan’ telah dibuat. Tabel ini menunjukkan volume maksimum air yang diizinkan ditambahkan kembali ke sistem setelah uji tekanan / kebocoran mengindikasikan sedikit penurunan tekanan. (Tabel nilai sebenarnya dapat ditemukan di Panduan Instalasi Pipa Tekanan IPEX PVC atau di AWWA C605).

Misalnya, untuk 1000 m dari 300 mm gasketed PVC water main, volume maksimum 7,6 L air make-up (secara teoritis, kebocoran yang terjadi selama pengujian) diizinkan ditambahkan untuk uji 1035 kPa (setara dengan 2,0 AS gal untuk 3300 kaki dari 12 “pipa yang diuji pada 150 psi). Jika volume air yang lebih besar dibutuhkan, pengujian dianggap sebagai kegagalan dan pemasang harus menemukan dan memperbaiki kekurangan sistem.

Sebagai hasil dari tabel ‘tunjangan kebocoran’ ini, banyak individu memiliki persepsi bahwa PVC bersama gasketed selalu bocor sampai tingkat tertentu. Sebenarnya, pipa PVC yang terpasang dengan benar akan menjadi botol-ketat.

Klaim ini diverifikasi oleh pengujian ketat yang dilakukan pada sambungan gasketed di pabrik manufaktur. Sambungan tekanan PVC Gasketed, untuk disertifikasi ke CSA B137.3, dan agar sesuai dengan ASTM D 3139, harus menjalani 2 tes berikut ini:

(a) 60 menit pada 2,5 kali nilai tekanan pipa (yaitu 588 psi untuk DR18)

(b) 60-70 detik pada 3,2 kali nilai tekanan pipa (yaitu 755 psi untuk DR18)

Kedua tes ini dilakukan saat joint diimbangi dengan sudut maksimum yang disarankan untuk mensimulasikan kondisi lapangan terburuk. Kebocoran nol diizinkan di persendian selama tes ini. Konsistensi dan ketepatan yang ditemukan dalam ekstrusi pipa PVC, ditambah dengan toleransi dimensi yang sangat ketat, memastikan bahwa sambungan gasketed akan sepenuhnya dapat diandalkan di lapangan seperti yang terbukti di pabrik.

Salah satu contoh ketebalan sendi PVC diilustrasikan pada sebuah proyek yang baru saja diselesaikan di luar Vancouver di Delta, British Columbia. B & B Contracting of Surrey dikontrak untuk membangun 1.500 m (15.000 kaki) dari 400 mm (16 “) PVC DR18 air utama sebagai pasokan utama Terminal Pengangkut DeltaPort yang baru dibangun.

Setelah menyelesaikan pemasangan, Inspektur Proyek Rollie Knackstead menunjukkan kepercayaan yang luar biasa pada pengerjaan krunya, dan juga pipanya, dengan memutuskan untuk menekan keseluruhan pipa sepanjang 4.500 meter sekaligus. Hasilnya luar biasa. B & B berhasil menguji lini di 200 psi selama 2 jam tanpa setetes kebocoran. Alat pengukur itu tidak bergerak dari tingkat 200 psi. Sambungan PVC yang rapat dengan botol membantu pembuatan instalasi yang sudah sukses menjadi proyek keseluruhan yang sangat sukses.

Jika selama tes tekanan / kebocoran pada PVC, tekanan turun sedikit (dalam volume air make-up yang diijinkan), apakah ini berarti ada kebocoran? Mungkin, tapi pengujian di dalam pabrik pipa PVC dan juga banyak sejarah kasus seperti proyek B & B Contracting di Delta, tampaknya menunjukkan bahwa pipa PVC yang terpasang dengan benar tidak akan bocor.

Jadi, mengapa kadang-kadang ada persediaan air make-up kecil setelah mendapat tes tekanan? Berikut adalah 4 kemungkinan alasannya:

(a) terjepit udara

(b) pergeseran tee atau siku sebelum fungsi pengekangan bersama

(c) koneksi yang salah untuk katup, fiting, hidran atau layanan

(d) ekspansi radial pipa PVC

No Comments Yet.

What do you think?

Your email address will not be published. Required fields are marked *